Hallojakarta.com, Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menjadi inspektur upacara militer serah terima jabatan (sertijab) Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) dari Marsekal TNI Agus Supriatna kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,  bertempat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (20/1/2017). Turut hadir anggota Komisi 1 DPR RI, Para Menteri Kabinet Kerja, Kasad, Kasal, Kapolri dan para sesepuh TNI.

Dalam pelaksanaan upacara sertijab Kasau tersebut sebagai komandan upacara militer Kolonel Sandrio berjalan dengan hikmat. Sertijab Kasau tersebut juga ditandai dengan penyerahan pataka panji kebesaran TNI AU Swa Bhuwan Paksa dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo juga menyematkan tanda kehormatan  jabatan yang berdasarkan panglima TNI telah melepas tugas dari  Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna diberikan kepada penggantinya Kasau yang baru Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, secara resmi menerima tugas wewenang dan tanggung jawab sebagai Kasau yang baru dilantik Presiden RI.Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta.

Panglima TNI,Jenderal Gatot Nurmantyo dalam amanahnya Bahwa tantangan kedepan bangsa Indonesia dimata dunia akan semakin dinamis sehingga harus disikapi kemampuan Angkatan Udara yang handal. Sesuai program pemerintah (Presiden RI) Indonesia  mencanangkan poros maritim dunia. Dirgantara harus memiliki kekuatan Angkatan Udara yang mumpuni dengan kekuatan alutsista.” kita harus sangat serius dalam membenahi Angkatan Udara.mulai dari perencanaan, pencanangan, pengguna anggaran dan perawatan sehingga TNI AU dapat dipercaya di negeri kita ini dan tentunya  TNI semakin kuat dan dicintai rakyat bukan hanya selogan saja,” ujarnya.

Selanjutnya Panglima TNI menegaskan, momen Sertijab Kasau ini harus menjadi perhatian bahwa gelar kekuatan TNI bukan hanya di jawa harus membangun kekuatan TNI tersebar dipulau-pulau yamg ada di nusantara ini.TNI harus loyalitas adalah inti dari kehormatan seorang prajurit.terimakasih saya ucapkan kepada Marsekal TNI Agus Supriatna yang telah mengabdi dan mendedikasikan dirinya kepada bangsa dan Negara serta Selamat bertugas saya ucapkan kepada Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,
semoga amanah ini dapat dijalankan dalam membina TNI AU. “Diharapkan kepada seluruh prajurit TNI tidak boleh berhenti untuk terus berpikir dan kuat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya,”tandasnya

Perlu diketahui Riwayat Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP mantan penerbang pesawat Cassa NC-212 adalah putra kelahiran Malang pada 8 November 1963 dari pasangan Bambang Sudarto dengan Nur Sa’adah, merupakan alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1986.

Mengawali kariernya sebagai perwira DP Lanud Adi Sutjipto, perwira penerbang Skardon Udara 4 Lanud Abdurachman Saleh, Kasilat Skardon Udara 4 Lanud Abdurachman Saleh, Danflightstops A Flightlat Skardon Udara 4 Wing 2 Lanud Abdurachman Saleh, Danflight Skardon Udara 101 Lanid Adi Sutjipt, Kasi Bingadiksis Dispers Lanud Adi Sutjipto, Danyon III Menchandra Akademi TNI.

Selain itu juga menjabat sebagai Instruktur Penerbang Lanud Adi Sutjipto, Kasi Kamhanlan Dishop Lanud Adi Sutjipto, Komandan Satuan Udara Pertanian Koopsau I, Kadepops Sekkau, Kadispers Lanud Abdurachman Saleh, Kasubdisminjurit Disminpersau, Pamen Disminpers (Dik Sesko TNI), Komandan Lanud Adi Soemarno, Paban I/Ren Sops TNI, Direktur Opslat Basarnas, Kadispenau, Komandan Lanud Abdurachman Saleh, Sesmilpres Kemsetneg RI Setneg RI, Irjen Kemhan, Kasau (Dilantik Presiden pada 18 Januari 2017) dan merupakan Kasau ke-21.

Pendifikan militer yang pernah diikuti antara lain AAU (1986), Penataran P4, Sekolah Penerbangan tahun 1987, Sekkau Angkatan 57 (1996), College Interarmes De Defence, Perancis (Sesko Angkatan) tahun 2001, Sesko TNI Angkatan 36 (2009), dan PPSA Lemhannas Angkatan 20 tahun 2015. Sedang penugasan yang pernah dilaksanakan adalah penugsan Operasi Rajawali Papua, dan penugasan Operasi Rencong di Aceh.

Tanda kehormatan yang dimiliki antara lain Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Swa Bhuwan Paksa Nararya, Satyalancana Kesetiaan XXIV Tahun, Satyalancana Kesetiaan XVI Tahun, Satyalancana Kesetiaan VII (Aceh), dan Satyalancana Dwidya Sistha.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan. TNI AU periode tahun 2013 sampai 2015 menikah dengan Nanik Istumawati dan memiliki 2 putra/putri yaitu Hanica Relingga Dara Ayu dan Handika Relangga Bima Yogatama. (Ichsan)